KANDANG DOMBA KOMUNAL: Peresmian Padepokan Kandang Plosok dari dan untuk Taruna Tani Sriharjo

Bantul, bertepatan dengan hari Sabtu tanggal 30 Januari 2020, Pukul 09.00 WIB, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DPTB), Fakultas Teknologi Pertanian UGM menyerahkan secara resmi kandang domba komunal di Desa Sriharjo, Bantul, Imogiri. Acara ini merupakan bagian dari pendampingan Agro-Environmental Edu-Park Technology (Taman Teknologi Pertanian) di Desa Sriharjo sejak tahun 2018, merupakan kerjasama dengan Yanmar Environmental Sustainability Support Association (YESSA), Jepang. Kegiatan ini melibatkan pendampingan dari para Peneliti di Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (PUSTEK) UGM.

Suasana Persiapan Serah terima Kandang Secara Simbolis

Pendampingan Taman Teknologi Pertanian di Desa Sriharjo mengambil tema Knowledge Development for Agricultural Sustainability in Agropolitan Area for Community Welfare. Tema ini dipilih karena DTPB menyadari bahwa dalam setiap penerapan teknologi, faktor manusia selalu berpengaruh pada keberhasilan teknologi tersebut.

Pengetahuan yang dimiliki sumberdaya manusia merupakan faktor kunci karena manusia merupakan pengguna teknologi sekaligus penerima manfaat. Salah satu fokus pemberdayaan masyarakat yang dilakukan adalah budidaya ternak domba yang nantinya akan diserahkan kepada Taruna Tani Desa Sriharjo.

Kegiatan ini dimulai dengan edukasi masyarakat tentang ternak domba, peternakan terintegrasi, dan pengolahan limbah yang dilakukan bersama peneliti PUSTEK UGM sebagai pendamping. Di lanjutkan pembangunan kandang domba komunal yang dilakukan gotong-royong Fakultas Teknologi Pertanian UGM dan swadaya masyarakat desa.

Kegiatan serah terima kandang domba komunal yang diberi nama “Padepokan Kandang Plosok Taruna Tani Hijaunya Cinta” dari ketua pendamping, Prof. Lilik Soetiarso, kepada Ketua Kelompok Taruna Tani Hijaunya Cinta, Anton, di lokasi kandang komunal tepatnya di Dusun Sompok, Desa Sriharjo, Imogiri, Bantul.

Serah terima disaksikan langsung oleh perangkat desa, masyarakat setempat dan beberapa perwakilan pendamping dari Fakultas Teknologi Pertanian dan PUSTEK UGM. Harapannya dengan adanya pendampingan ternak domba dan pembangunan kandang domba komunal menjadi salah satu media pembelajaran di Taman Teknologi Pertanian Desa Sriharjo dan dapat meningkatkan ekonomi lokal masyarakat setempat secara berkelanjutan.

Sumber: ugm.ac.id/id/berita/20695-ftp-ugm-serahkan-bantuan-kandang-domba-komunal

Share This Post

Rilis Terbaru

Informasi dan Kerja sama

Silakan menghubungi tim kami melalui: