Tentang

PUSTEK UGM

Pendahuluan

Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan Universitas Gadjah Mada didirikan dengan tujuan untuk melaksanakan kajian-kajian dalam bidang teori dan praksis ekonomi Indonesia. Kajian-kajian dilakukan melalui pendekatan multi-disipliner dijalankan dengan mengacu pada dasar filosofi dan ideologi nasional.

Rumusan tentang cita-cita bangsa Indonesia tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu “melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”.

Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM berdiri dengan nama Pusat Studi Ekonomi Pancasila pada tanggal 17 Oktober 2002 berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada No. 177/P/SK/HKTL/2002. Perubahan nama menjadi Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan terjadi pada tanggal 3 April 2006 dengan terbitnya SK Rektor Universitas Gadjah Mada No.176/P/SK/HT/2006.

Perubahan nama ini dilakukan dengan pertimbangan:

Pertama, untuk menyesuaikan dengan amanat Pasal 33 UUD 1945 untuk menyelenggarakan perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi atau ekonomi kerakyatan.

Kedua, amanat Tap MPR No. II/MPR/1999 tentang Garis-garis Besar Haluan Negara Tahun 1999 – 2004.

Pertama, untuk menyesuaikan dengan amanat Pasal 33 UUD 1945 untuk menyelenggarakan perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi atau ekonomi kerakyatan.

Ketiga, amanat Tap MPR No. II/MPR/2002 tentang Rekomendasi Kebijakan Untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional.

Keempat, untuk meningkatkan peran Pusat Studi dalam mengembangkan sistem ekonomi kerakyatan. Kelima, untuk memperluas peluang Pusat Studi dalam mengembangkan diri.

VISI

Menjadi  pusat   pemikiran,  pengembangan,  dan  simpul  utama  jaringan gerakan ekonomi kerakyatan di Indonesia.

MISI

Menyelenggarakan penelitian dan penerapan yang berbasis pada pengembangan sistem ekonomi kerakyatan.

Melakukan pelatihan yang berkaitan dengan hasil-hasil penelitian mengenai pengembangan sistem ekonomi kerakyatan.

Menyebarluaskan gagasan mengenai tata kerja dan metode pengukuran perkembangan ekonomi kerakyatan melalui penerbitan publikasi dan dokumentasi.

Mengembangkan forum ilmiah dan diskusi-diskusi kritis dalam perspektif ekonomi kerakyatan.

Membangun jaringan gerakan untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan.

Share This Page

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Informasi dan Kerja sama

Silakan menghubungi tim kami melalui tautan kontak berikut