Sekolah Pasar

SEKOLAH PASAR

www.sekolahpasar.id

Pendahuluan

Pasar rakyat memiliki posisi yang strategis di Indonesia. Peran strategis tersebut antara lain adalah (1) sebagai tumpuan hidup bagi jutaan pedagang, pemasok, dan lain-lain; (2) sebagai jalur distribusi barang-barang kebutuhan masyarakat; (3) salah satu tempat rujukan dalam menentukan tingkat harga; dan (4) sebagai tempat untuk melakukan dan melestarikan interaksi sosial budaya dalam masyarakat.

Indonesia memiliki 14.182 unit pasar rakyat (BPS, 2018). Jika mampu dikelola dengan baik maka akan menjadi salah satu tiang utama dalam pembangunan. 14.182 adalah jumlah yang besar yang menyimpan potensi besar sekaligus sederet tantangan dan masalah.

Sekolah Pasar mengelompokkan potensi dan masalah yang dihadapi oleh pasar rakyat dalam tiga aspek yakni intelektual (sumber daya manusia), institusional (kelembagaan), dan material (sarana prasarana, teknologi, bisnis, dll). Sekolah Pasar adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas pasar rakyat dalam tiga aspek tersebut. Kegiatan utama dalam program ini adalah penelitian, pendampingan, dan. pelatihan.

Kegiatan Sekolah Pasar

Penelitian yang dilakukan memberikan tawaran mengenai model tata kelola pasar rakyat yang memperhatikan nilai dan budaya lokal. Nilai dan budaya lokal merupakan unsur penting dalam mengembangkan pasar rakyat.

Pendampingan dilakukan dengan menggunakan pendekatan partisipatif. Pendekatan ini dipilih dengan dengan kesadaran bahwa setiap pasar rakyat memiliki kekhasan masing-masing. Oleh karenanya dibutuhkan pendekatan yang menggali potensi, tantangan, dan masalah serta merumuskan strategi pengembangan yang akan dilakukan.

Pendekatan dan kurikulum yang digunakan oleh Sekolah Pasar terus berkembang. Saat ini, Sekolah Pasar memiliki modul berisi pendekatan dan kurikulum yang telah melewati ujian melalui penelitian, pendampingan, dan pelatihan.

Pelatihan dilakukan untuk memberikan gambaran mengenai strategi pengembangan pasar rakyat. Sasaran kegiatan ini adalah pemerintah kabupaten/kota, pemerintah desa, dan pihak-pihak lain yang memiliki ketertarikan terhadap pasar rakyat.

Selain pelatihan yang diselenggarakan sendiri, Sekolah Pasar juga sering diundang menjadi narasumber dalam berbagai forum yang diselenggerakan oleh pemerintah maupun perguruan tinggi.

Informasi Lebih Lanjut Silakan Kunjungi

Share This Page

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Informasi dan Kerja sama

Silakan menghubungi tim kami melalui tautan kontak berikut